10 Pelajaran dari Konfusius yang Merubah Hidup

10 Pelajaran dari Konfusius yang Merubah Hidup - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

10 Pelajaran dari Konfusius yang Merubah Hidup – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Andrew Hidayat10 Pelajaran dari Konfusius yang Merubah Hidup. Apa sih Konfusius itu? Ada yang udah tahu mungkin dan ada juga yang belum, Konfusius dikenal sebagai orang yang bijaksana pada umumnya dan seringkali menjadi seorang penasehat bagi pejabat-pejabat atau raja-raja di jaman dahulu. Nah menurut wikipedia seperti dibawah ini.

Kong Hu Cu atau Konfusius, kadang-kadang sering hanya disebut Kongcu (Hanzi: 孔夫子、孔子, hanyu pinyin: Kongfuzi、Kongzi) (551 SM – 479 SM) adalah seorang guru atau orang bijak yang terkenal dan juga filsufsosial Tiongkok. Filsafahnya mementingkan moralitas pribadi dan pemerintahan, dan menjadi populer karena asasnya yang kuat pada sifat-sifat tradisonal Tionghoa. Oleh para pemeluk agama Kong Hu Cu, ia diakui sebagai nabi. (Baca: 5 Cara Andrew Hidayat Mengatasi Ketakutan Berbicara di Depan Umum)

Begitu bijaksana nya Konfusius ini sampai seringkali rakyat cina atau masyarakat luar kota datang mengunjunginya hanya untuk meminta nasihat dari kebijaksanaannya.

10 Pelajaran dari Konfusius yang Merubah Hidup Menurut Andrew Hidayat

Konfusius menuangkan beberapa pelajaran hidup yang sangat baik dan bisa kita renungkan :

1. Tidak peduli seberapa lambat kamu berjalan yang terpenting adalah jangan berhenti

Dimanapun posisimu saat ini, tengoklah kebelakang dan lihatlah seberapa jauh kamu telah melangkah. Tidak peduli seberapa lambat progress yang kamu lakukan, tapi satu hal jangan pernah berhenti. Langkah sekecil apapun akan dihitung selama kamu bergerak kedepan kamu akan mencapai tujuanmu.

Baca juga: 8 Cara Andrew Hidayat Meningkatkan Rasa Percaya Diri

2. Jangan bersahabat dengan orang yang tidak lebih baik dari kamu

Bertemanlah dengan orang yang jauh lebih baik dari kamu, sehingga kamu bisa belajar darinya. Bukan berarti kita tidak boleh berteman dengan yang dibawah kita, tetaplah berteman tetapi jika kamu ingin belajar dan bergerak lebih cepat, bersahabatlah dengan orang-orang yang jauh lebih baik dari kamu.

Baca juga: 7 Kenyataan Pahit yang Membuatmu Semakin Kuat Andrew Hidayat

3. Ketika emosi memuncak, pikirkan konsekuensi nya

Jangan mengambil keputusan ketika marah, dan jangan membuat janji ketika bahagia. Ketika kita mengambil keputusan pada saat emosi yang berlebihan hampir 90% kita akan menyesali keputusan tersebut. Tenangkan dirimu sejenak, pikirkan baik-baik.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Andrew Hidayat Lakukan Jika Jadi Pemimpin

4. Ketika tujuan terlihat kabur dan sulit tercapai, jangan ganti tujuannya, gantilah langkah-langkah untuk mencapainya

Ketika mimpimu terasa sulit dan mulai kabur, bukan berarti kamu tidak akan pernah mencapainya. Jangan ganti mimpimu, tapi gantilah tindakanmu untuk mencapainya. Evaluasikan segala tindakan yang telah kamu ambil selama ini, dan buat langkah-langkah baru.

Baca juga: 8 Hal yang Dilakukan Orang Sukses di Pagi Hari

5. Jika kamu membenci seseorang, berarti kamu telah dikalahkan olehnya

Rasa benci membuat kita terlalu fokus terhadap orang yang salah. Kita kehilangan banyak waktu untuk bertumbuh, belajar dan memperbaiki diri, kita terlalu fokus terhadap musuh kita. Sehingga tanpa kita sadari, dia telah semakin jauh mengalahkan dan meninggalkan kita dibelakang.

Baca juga: 5 Cara Andrew Hidayat Mengatasi Ketakutan Berbicara di Depan Umum

6. Orang yang besar mengenali dirinya, orang kecil membicarakan orang lain

Menurut Sun Tzu, kenali lah dirimu sendiri sebelum mengenali musuh-musuhmu. Kita seringkali tidak menyadari kelebihan dan kelemahan-kelemahan yang kita miliki, kita terlalu sibuk untuk membicarakan orang lain ini adalah ciri orang yang kecil menurut Konfusius. Orang yang sukses selalu menghabiskan waktu untuk mengenal dan mempelajari dirinya sendiri, apa yang menjadi kelebihan dan apa yang menjadi kekurangannya.

Baca juga: 10 Alasan Kenapa Anda Susah Untuk Sukses Menggapai Impian

7. Kemanapun kamu pergi, pergilah dengan sepenuh hati

Apapun yang kamu lakukan, apapun yang kamu putuskan. Jalankan lah dengan sepenuh hati, jangan biarkan penyesalan mendatangimu dikemudian hari hanya karena kamu melakukannya dengan setengah hati.

Baca juga: 4 Kemampuan Penting Andrew Hidayat dalam Dunia yang Berubah

8. Beri petunjuk hanya kepada orang yang mencari pengetahuan setelah mereka menyadari kesalahannya

Memberi arahan kepada orang yang tidak menyadari kesalahannya sendiri akan seperti menjaring angin. Usaha yang sia-sia. Ketika seseorang menyadari kesalahan dan meminta bantuan atau arahanmu, berikanlah petunjuk dan arahan yang tepat. Orang yang menyadari kesalahannya seperti gelas kosong yang siap menerima ilmu yang baru.

Baca juga: 3 Mindset Seorang Pengusaha yang Wajib Dimiliki Seorang Andrew Hidayat

9. Mengambil keuntungan kecil, akan berakibat menghilangkan peluang besar

Kamu pikir, mereka tidak menyadarinya saat ini. Tetapi ketika kamu mengambil kesempatan dalam kesempitan kamu hanya akan menghilangkan kesempatan untuk mendapatkan hal yang jauh lebih besar. Semua hal akan terbuka oleh waktu, cepat atau lambat. Pertahankanlah integritasmu sehingga peluang dan kesempatan yang baik akan mendatangimu.

Baca juga: 3 Blunder Bisnis Kecil Andrew Hidayat yang HARUS dihindari

10. Jika mereka membicarakanmu dibelakang, berarti kamu telah berada didepan mereka

Jangan khawatir orang-orang membicarakan hal buruk dibelakangmu. Jika memang ya, maka kamu sudah berada jauh didepan mereka, sampai-sampai mereka menghabiskan waktu berharga mereka hanya untuk membicarakanmu. Tetaplah maju dan tetaplah menjadi pribadi yang baik.

Baca juga: 11 Tips Pintar Mengelola Keuangan Anda Untuk Masa Depan

Demikian 10 pelajaran dari Konfusius dari Andrew Hidayat yang dapat kita terapkan dalam kehidupan kita sehari hari. Jika kamu menjalankannya dengan baik. Jangan kaget ya kalau hidupmu berubah menjadi lebih baik. Bagikan supaya teman-teman mu ikutan sukses ya guys !

Baca juga: Ini Cara Andrew Hidayat Merawat Kesehatan Mata

Salam

Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

author