10 Pelajaran Sukses dari Robert Kiyosaki

10 Pelajaran Sukses dari Robert Kiyosaki - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

10 Pelajaran Sukses dari Robert Kiyosaki – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Andrew Hidayat10 Pelajaran Sukses dari Robert Kiyosaki. Robert Kiyosaki merupakan seorang penulis buku laris mengenai keuangan pribadi yaitu “Rich Dad, Poor Dad”, pebisnis di amerika, investor, pembicara motivasi, aktivis sadar keuangan, dan sebagai figur pribadi yang sukses. Buku ini juga menjadi acuan Andrew Hidayat dalam melakukan bisnis selama ini. Dia juga merupakan pendiri perusahaan “Rich Dad” dan dirinya dinilai seharga 80 juta dolar amerika (percayalah itu jumlah yang sangat banyak). Baca: 10 Pelajaran dari Konfusius yang Merubah Hidup.

Kiyosaki tumbuh dengan dua figur ayah: “ayah miskin” – adalah ayah kandungnya yang meninggal dengan tagihan yang masih harus dibayar – dan “ayah kaya”, yang memulai dari kecil sebelum dia menjadi salah satu orang terkaya di hawaii. Kedua ayah sangat sukses dalam karir mereka, bekerja keras sepanjang hidup mereka, dan mendapatkan income yang cukup besar, tetapi yang satunya selalu bermasalah dengan keuangan. Kiyosaki mengamati perbedaan diantara mereka yang memberikannya ide untuk menulis mengenai keuangan pribadi “Rich Dad, Poor Dad”

Baca juga: 5 Cara Andrew Hidayat Mengatasi Ketakutan Berbicara di Depan Umum

10 Pelajaran Sukses dari Robert Kiyosaki Acuan Andrew Hidayat Dalam Berbisnis

Robert Kiyosaki memberikan 10 pelajaran sukses dalam berbisnis yang menjadi acuan Andrew Hidayat dalam menjalankan bisnisnya. Berikut ini 10 10 Pelajaran Sukses dari Robert Kiyosaki yang dijadikan acuan oleh Andrew Hidayat:

1. Ganti caramu berpikir

Ini merupakan hal yang sangat penting untuk merubah caramu berpikir mengenai sesuatu dan mengembangkan sikap yang positif. Seperti contohnya, ketika semua pengusaha memiliki pikiran yang sangat negatif terhadap pemungut pajak, Robert Kiyosaki mengunakan mereka sebagai motivasi untuk mendapatkan lebih banyak uang.

Baca juga: 8 Cara Andrew Hidayat Meningkatkan Rasa Percaya Diri

2. Pengalaman membuatmu semakin pintar

Robert Kiyosaki memulai dari tidak memiliki cukup uang seperti kebanyakan orang dan investasi pertamanya adalah 18.000 dolar kondominium di hawaii yang memberikan nya kas masuk sebesar 25 dolar setiap bulannya. Sekalipun dia tidak mendapatkan banyak uang dari transaksi pertamanya, setiap Robert Kiyosaki membuat investasi lainnya, dia bertambah pintar karena pengalaman membuatmu semakin pintar. Seperti yang banyak orang katakan, pengalaman adalah guru terbaik.

Baca juga: 7 Kenyataan Pahit yang Membuatmu Semakin Kuat Andrew Hidayat

3. Berhenti menabung, lindungi nilainya

Pemikiran menabung uang adalah kebijaksanaan konvensional, sangat penting untuk diingat bahwa orang-orang yang menyimpan uang tidak dapat mengikuti pertumbuhan inflasi dari mata uang, yang semakin lama membuat kemampuan membeli melemah. Daripada menabung, akan lebih baik untuk melindungi nilainya dan mengantisipasi pertumbuhan inflasi dengan cara membuat investasi yang bijak.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Andrew Hidayat Lakukan Jika Jadi Pemimpin

4.  Target untuk mendapatkan aset

Bisnis yang direncanakan dengan baik selalu meningkatkan jumlah aset mereka. Jika bisnismu terfokus untuk mengakuisisi lebih banyak aset maka investor akan memberikan lebih banyak uang karena mereka mengetahui bahwa kamu memiliki design bisnis yang baik.

Baca juga: 8 Hal yang Dilakukan Orang Sukses di Pagi Hari

5. Jangan takut untuk rugi

Kamu tidak akan pernah dapat maju jika kamu takut untuk rugi. Kita semua diajarkan di sekolah jika kita membuat kesalahan, maka kita adalah sebuah kegagalan, tetapi itu bukan di kehidupan nyata. Jika kamu takut membuat kesalahan maka kamu tidak akan pernah menjadi orang yang sukses.

Baca juga: 10 Alasan Kenapa Anda Susah Untuk Sukses Menggapai Impian

6. Mengetahui untuk apa kamu bekerja keras

Sangat penting untuk menyadari jenis penghasilan seperti apa yang ingin kamu dapatkan dengan bekerja keras. Kebanyakan karyawan bekerja untuk mendapatkan penghasilan yang dipotong pajak oleh pemerintah ketika mereka bisa mendapatkan pasif income sehari hari, hanya dengan mengembangkan kemampuan berbisnis mereka.

Baca juga: 4 Kemampuan Penting Andrew Hidayat dalam Dunia yang Berubah

7. Rencanakan bisnis dengan baik

Bisnis yang baik tidak membutuhkan kamu untuk selalu meningkatkan modal. Justru bisnis itu harus memiliki kemampuan untuk mengembangkan pendapatan secara otomatis. Tidak akan ada orang yang berinvestasi pada produkmu, jika kamu memiliki design bisnis yang jelek dan kualitas yang payah.

Baca juga: 3 Mindset Seorang Pengusaha yang Wajib Dimiliki Seorang Andrew Hidayat

8. Waktu sulit mendatangkan kesempatan baru

Meskipun fluktuasi ekonomi di dunia dapat membuat beberapa orang merasa depresi, sangat penting untuk diingat bahwa waktu-waktu sulit selalu dapat memberikan kesempatan baru. Robert Kiyosaki membuat banyak uang dengan berinvestasi pada real estate yang menjadi sangat murah ketika krisis ekonomi.

Baca juga: 3 Blunder Bisnis Kecil Andrew Hidayat yang HARUS dihindari

9. Fokus

Menurut Robert Kiyosaki, kata “Focus” merupakan kepanjangan dari “Follow One Courses Until Succesful”. Sekali kamu menciptakan jalur untuk menjadi pengusaha, kamu harus tetap pada garis dan selalu fokus pada tujuan yang ingin kamu capai.

Baca juga: 11 Tips Pintar Mengelola Keuangan Anda Untuk Masa Depan

10. Semakin banyak kamu memberi, semakin banyak kamu menerima

Robert Kiyosaki percaya pada prinsip kitab suci, “Semakin banyak kamu memberi, semakin banyak kamu menerima.” Beberapa orang ingin menerima lebih banyak tetapi mereka tidak memberi apapun. Jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak uang kamu membutuhkan kerja lebih keras dan memberi lebih banyak.

Baca juga: 10 Alasan Kenapa Anda Susah Untuk Sukses Menggapai Impian

Ini adalah 10 Pelajaran Sukses dari Robert Kiyosaki, ada beberapa hal yang kita harus pahami sebelum kita berpikir “tidak mungkin saya bisa mengikuti Robert Kiyosaki”, “Kok, sepertinya sulit ya”, “Buru-buru resign ah, kata Robert Kiyosaki kan jadi karyawan rugi dipotong pajak terus”, “Jangan nabung, berarti gw bisa habisin untuk investasi”. Oke, semua itu hal yang mungkin saja kita pikirkan saat ini.

Robert Kiyosaki tinggal di Amerika, dan orang miskin di Amerika berbeda dengan orang miskin di Indonesia, miskin di Amerika berarti tidak memiliki kerjaan tetapi biaya hidup, kesehatan, dan pendidikan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah. Menjadi lebih bijaksana dalam menanggapi prinsip-prinsip untuk mencapai kesuksesan juga merupakan satu hal yang penting untuk kita miliki.

Baca juga: Ini Cara Andrew Hidayat Merawat Kesehatan Mata

Salam

Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

 

author