5 Cara Andrew Hidayat Mengatasi Ketakutan Berbicara di Depan Umum

5 Cara Andrew Hidayat Mengatasi Ketakutan Berbicara di Depan Umum - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

5 Cara Andrew Hidayat Mengatasi Ketakutan Berbicara di Depan Umum – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Andrew Hidayat5 Cara Andrew Hidayat Mengatasi Ketakutan Berbicara di Depan Umum. Beberapa orang merasakan keringat dingin, gemetaran, grogi, dan ketakutan ketika mereka pertama kali berbicara di depan umum. Berbicara di hadapan banyak orang bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Merasakan hasrat buang air kecil yang berlebihan, kesulitan tidur di malam sebelum tampil merupakan hal yang bisa terjadi pada orang yang merasakan ketakutan untuk berbicara di depan umum, atau biasanya kita mengenalnya dengan kata “demam panggung” termasuk Andrew Hidayat.

Baca juga: 8 Hal yang Dilakukan Orang Sukses di Pagi Hari

Ketika Andrew Hidayat untuk pertama kali harus berbicara di depan umum, Andrew Hidayat merasakan gemetar, lidah serasa terbelit, dan banyak mendengungkan emm, err, dan suara-suara yang tidak jelas lainnya. Sebenarnya kita dapat merubah ketakutan atau kelemahan kita menjadi suatu kelebihan ketika berbicara.

5 Cara Andrew Hidayat Mengatasi Ketakutan Berbicara di Depan Umum

Berikut  Andrew Hidayat akan berikan 5 cara mengatasi ketakutan berbicara di depan umum :

1. Pengalaman

Ya, seperti semua halnya dalam hidup ini, semakin sering kita berbicara didepan umum, semakin alami ketika kita melakukan hal itu.
Jika kamu merasa tidak nyaman berbicara di depan banyak orang, mulailah dari kelompok kecil terlebih dahulu. Tawarkan diri untuk berbicara di sebuah komunitas lokal atau suatu acara tanpa perlu dibayar terlebih dahulu.
Pengalaman merupakan guru terbaik untuk membuat kamu ahli berbicara didepan umum, berlatih lah terus menerus sampai kamu menjadi ahli dan berbicara di depan umum merupakan hal yang biasa.

Baca juga: 10 Alasan Kenapa Anda Susah Untuk Sukses Menggapai Impian

2. Ambil nafas dalam-dalam

Mengambil nafas dalam-dalam terbukti dapat membuat tubuh rileks dan mengurangi stress. Ketika kamu merasa jantung mu mulai berdetak sangat cepat, secara perlahan tutup matamu dan ambil nafas dalam-dalam, rasakan ketika kamu menghirup dan mengeluarkannya hal ini dapat menolong pikiranmu untuk rileks.

Gunakan teknik ini sebelum kamu melangkah untuk berbicara di hadapan penonton dan kamu akan merasa lebih tenang dan memiliki kontrol lebih baik.

Sekalipun dalam kondisi presentasi, berhati-hati lah dengan nafasmu, karena ketika kamu grogi itu akan membuat nafasmu lebih cepat dan membuatmu cepat lelah.

Baca juga: 11 Tips Pintar Mengelola Keuangan Anda Untuk Masa Depan

3. Gunakan visualisasi

Ahli percaya bahwa 65 % populasi belajar dari visualisasi, faktanya banyak penjualan menggunakan informasi visualisasi untuk mendapatkan konsumen.

Jika kamu berusaha menyakinkan satu ruangan penuh orang hanya dengan kata-kata, kamu akan kehilangan sebagian besar dari mereka.

Ciptakan visualisasi yang menarik mengunakan software atau aplikasi seperti contohnya PowerPoint yang dapat menunjukan konsepmu dengan asik, dan mudah dimengerti. Tawarkan untuk mereka yang tertarik mengcopy presentasimu dan informasi yang kamu berikan.

Sebagai tambahan untuk mengkomunikasikan pesanmu kepada penonton, kamu akan merasa lebih rileks apabila presentasimu didukung dengan visualisasi.

Baca juga: 3 Blunder Bisnis Kecil Andrew Hidayat yang HARUS dihindari

4. Buat komunikasi dua arah

Salah satu resiko terbesar yang akan kamu hadapi ketika kamu berbicara adalah menjaga penontonmu tetap memperhatikanmu. Pikiran sangat mudah sekali terganggu, apalagi kalau kamu berada diruangan dengan para pengusaha-pengusaha dengan energi dan semangat yang besar.

Kamu dapat mempersingkat presentasimu dengan menyediakan waktu untuk diskusi, bisa dengan membuat sesi tanya jawab, atau membuat mereka berpartisipasi dalam percobaan. Kamu juga dapat melakukan demonstrasi dengan mengajak beberapa sukarelawan untuk membantumu menjelaskan konsep yang sedang kamu bawakan.

Tidak hanya mengalihkan fokus penonton dari kamu sesaat, beberapa kenangan terbaik dari sebuah workshop di sebuah konferensi adalah dimana peserta bisa berpartisipasi dalam acara tersebut.

Baca juga: 3 Mindset Seorang Pengusaha yang Wajib Dimiliki Seorang Andrew Hidayat

5. Kesalahan tidak dapat dihindari

Tidak ada yang sempurna didunia ini, kesalahan bisa saja terjadi waktu kita berbicara di depan umum. Bahkan grogi pada saat berbicara bisa menjadi suatu yang menarik dan menjadi bagian yang berkesan pada saat kita berbicara. Akui saja kalau kamu sedang grogi kepada penonton, hal tersebut justru akan membuat suasana lebih bersahabat dan lebih nyaman untuk berbicara.

Jika apa yang kamu sampaikan menarik, penonton tidak akan mempermasalahkan satu atau dua kalimat yang salah. Menyadari bahwa banyak orang juga takut untuk berbicara didepan umum akan menumbuhkan rasa percaya dirimu. Praktek akan sangat banyak membantu meningkatkan kepercayaan dirimu saat berbicara di depan umum, jadi sangat penting untuk mulai berlatih di lingkup yang kecil terlebih dahulu.

Baca juga: 4 Kemampuan Penting Andrew Hidayat dalam Dunia yang Berubah

Nah demikianlah 5 Cara Andrew Hidayat Mengatasi Ketakutan Berbicara di Depan Umum. Tetapi itu semua tergantung pada diri anda sendiri. Apakah anda bisa berubah dan berani tampil di depan umum?

Salam

Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

author