5 Hal yang Harus Andrew Hidayat Lakukan Jika Jadi Pemimpin

5 Hal yang Harus Andrew Hidayat Lakukan Jika Jadi Pemimpin - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

5 Hal yang Harus Andrew Hidayat Lakukan Jika Jadi Pemimpin – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Andrew Hidayat5 Hal yang Harus Andrew Hidayat Lakukan Jika Jadi Pemimpin. Jenn Branstetter seorang kontributor dari Enterpreneur, yang juga menjabat sebagai Chief of Staff and Head of the Lowe’s Partnership at Porch.com menuliskan hal-hal yang harus dilakukan sebagai seorang pemimpin. (Baca: 5 Cara Andrew Hidayat Mengatasi Ketakutan Berbicara di Depan Umum)

Tidak tergantung dari seberapa besar perusahaan dimana kita berada, pemimpin yang sukses memiliki skill untuk menjadi berbeda dari orang lain.

Menurut Jenn ada beberapa faktor yang mendukung kesuksesan nya sebagai pemimpin. Kita bisa menerapkan hal ini diberbagai macam level di organisasi.

Baca juga: 4 Kemampuan Penting Andrew Hidayat dalam Dunia yang Berubah

Ini 5 Hal yang Harus Andrew Hidayat Lakukan Jika Jadi Pemimpin

Menjadi pemimpin adalah sebuah kepercayaan yang diberikan orang kepada kita. Jika menjadi pemimpin ini yang akan dilakukan oleh Andrew Hidayat:

1. Mengelompokan

Tidak peduli berada diposisi kita saat ini, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengelompokan serta memisahkan kategori pekerjaan kita. Dimana setiap hari Jenn membuat list pekerjaan mulai dari yang prioritas sampai yang tidak prioritas, dan melakukan evaluasi seberapa jauh proses yang telah ia selesaikan. Hal ini memaksa kita untuk menyelesaikan hal-hal penting setiap hari nya. Baca: 3 Mindset Seorang Pengusaha yang Wajib Dimiliki Seorang Andrew Hidayat

Mengelompokan pekerjaan mungkin akan sulit bagi beberapa orang, tapi bekerja keras lah untuk mulai mengelompokan sehingga hasil-hasil yang baik akan mulai terlihat. Jika terasa membingungkan, beli buku, ikut seminar dan bertanyalah pada orang yang jauh lebih pandai.

Baca juga: 3 Blunder Bisnis Kecil Andrew Hidayat yang HARUS dihindari

2. Bisa dipercaya

Ketika awal Jenn mulai berkarir, ia menjanjikan pekerjaan selesai dalam waktu yang sangat cepat dan begitu mudah untuk mengambil semua pekerjaan baru. Sekalipun ia bekerja dengan sangat keras tetapi dia berjanji melebihi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Hal ini membuat ia dan tim yang dipimpinnya sangat frustasi. Baca: 8 Hal yang Dilakukan Orang Sukses di Pagi Hari

Meremehkan pekerjaan yang harus diselesaikan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan akan sangat merugikan dan menghancurkan reputasi baik yang selama ini dengan keras kita bangun.

Perkirakan waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Persiapkan waktu tambahan sebanyak 20 % jika kamu merasa pekerjaan itu dapat diselesaikan dalam 5 jam, maka tengangkan pekerjaan tersebut 6 jam. Waktu yang tersisa apabila pekerjaanmu selesai tepat waktu dapat digunakan untuk melakukan check kembali atas apa yang telah kamu kerjakan. Dan waktu tambahan tersebut dapat menyelamatkanmu ketika rencanamu tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Baca juga: Ini Cara Andrew Hidayat Merawat Kesehatan Mata

3. Pendengar yang baik

Mendengar jauh lebih penting daripada berbicara, dan ini adalah rahasia untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam organisasi kita.

Terbukalah untuk mendengar aspirasi dan pendapat dari rekan-rekan kerja kita. Pelajari sudut pandang mereka, dengarkan mereka dengan baik dan pahami maksud dan tujuan mereka, ketika mereka selesai berbicara minta waktu kepada mereka agar kita dapat mengulangi apa yang telah mereka katakan. Sehingga kita dapat dengan tepat mengarahkan tim menuju hasil yang diinginkan. Metode ini dapat membangun kepercayaan dan produktivitas tim kita karena mereka merasa sudut pandang dan pendapat mereka didengarkan dan dihargai.

Baca juga: Andrew Hidayat: Bagaimana Mencegah Jenis Penyakit Musim Hujan Flu?

4. Bertanggung jawab

Seorang pemimpin harus mampu bertanggung jawab atas dirinya dan team yang dipimpinnya. Mungkin hal ini tidak nyaman dalam waktu-waktu tertentu ketika terjadi hal diluar kendali kita dan kita harus bertanggung jawab atas hal tersebut, tetapi hal ini diperlukan untuk mencapai kesuksesan. Bertanggung jawab dimulai dari melakukan apa yang kita katakan akan kita lakukan. Jenn menetapkan standart yang tinggi dan memacu timnya untuk memberikan yang terbaik.

Baca juga: Berbagai Macam Produk Asuransi Jiwa

5. Ramah

Jangan pernah meremehkan kekuatan dari keramahan. Investasikan waktu kita untuk tertarik dengan rekan kerja, dan menjadi seseorang yang dermawan bagi mereka entah mentraktir mereka makan atau memberikan mereka hadiah kecil. Kirimkan pesan terima kasih atas bantuan rekan kerja kita, tanyakan mengenai keluarganya dan mengenai akhir pekan mereka.

Kepemimpinan bagi sebagian orang adalah bakat alami, tetapi bukan berarti kepemimpinan tidak dapat dipelajari. Selama kita mau untuk terus belajar dan berlatih kita akan mampu menjadi pemimpin yang baik bagi tim kita, terlebih bagi diri kita sendiri.

Baca juga: Begini Cara Andrew Hidayat Mencegah Terjangkit Ebola

Menjadi pemimpin tidaklah mudah. Untuk jadi pemimpin ada beberapa hal yang harus dilakukan. Itulah 5 Hal yang Harus Andrew Hidayat Lakukan Jika Jadi Pemimpin

Salam

Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

author