8 Cara Andrew Hidayat Meningkatkan Rasa Percaya Diri

8 Cara Andrew Hidayat Meningkatkan Rasa Percaya Diri - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

8 Cara Andrew Hidayat Meningkatkan Rasa Percaya Diri – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Andrew Hidayat8 Cara Andrew Hidayat Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Bukan kesuksesan yang menciptakan rasa percaya diri, tentu saja karena mereka percaya kepada diri sendiri dan apa yang mereka lakukan. Pernah merasakan demam panggung ? Gemetar ketika berbicara didepan orang banyak? Kira-kira jika itu dilakukan oleh seorang Steve Jobs atau siapapun orang besar akankah orang yang mendengarnya percaya akan perkataan mereka? (Baca: 5 Cara Andrew Hidayat Mengatasi Ketakutan Berbicara di Depan Umum)

Coba kita pikirkan :Keraguan menciptakan keraguan. Mengapa orang harus percaya kepadamu, idemu, atau kemampuanmu jika kamu tidak percaya pada dirimu sendiri?Membutuhkan rasa percaya diri untuk mencapai tantangan baru. Orang-orang yang ketakutan dan merasa tidak aman biasanya akan tinggal pada zona nyaman. Tetapi zona nyaman tidak dapat memperluas zona itu sendiri.

Itulah mengapa orang-orang yang tidak memiliki rasa percaya diri menghadapi jalan buntu dalam pekerjaannya dan melewatkan begitu banyak peluang melewati mereka.Orang-orang yang tidak percaya diri merasa mereka dikuasai hal-hal diluar kendali mereka. Orang sukses tidak kalah dengan rintangan, justru hal tersebut membuat mereka semakin lebih baik.

Baca juga: 7 Kenyataan Pahit yang Membuatmu Semakin Kuat Andrew Hidayat

Tidak ada orang yang akan menghentikan kamu untuk mencapai apa yang ingin kamu selesaikan. Ini waktunya untuk melepaskan tembok keraguan akan diri sendiri.

Cara Andrew Hidayat Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Cara Andrew Hidayat Meningkatkan Rasa Percaya Diri - Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Cara Andrew Hidayat Meningkatkan Rasa Percaya Diri – Andrew Hidayat (AndrewHidayat.com)

Rasa percaya diri merupakan hal yang penting untuk meraih kesuksesan dalam karir. Tentu saja hal itu bukan berarti rasa percaya diri dapat datang secara sendirinya, rasa percaya diri dibentuk dari kerja keras, latihan dan bimbingan yang tepat. Semua orang bisa memiliki rasa percaya diri, ketika kamu melewati beberapa titik, kamu dapat merasakan rasa percaya diri itu muncul dari dalam diri.

Berikut ada 8 cara meningkatkan rasa percaya diri :

1. Lihat dirimu dengan sejujurnya

Ada perbedaan antara kesombongan dengan rasa percaya diri. Kesombongan adalah mengatakan hal-hal yang berlebihan tentang dirimu. Sedangkan rasa percaya diri adalah keyakinan bahwa kamu mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Dengan kata lain, rasa percaya diri muncul dari kerja keras. Ketika rasa percaya diri melebihi kemampuanmu, kamu melewati garis menjadi pribadi yang arogan. Kamu butuh mengetahui perbedaannya dengan baik.

Menyadari kemampuan dan kelebihan diri sendiri akan menyingkirkan segala kritik dan cacian, membuat kita tetap sibuk pada tujuan dan mencapai hasil dari apa yang kita lakukan. Menyadari kelemahan diri sendiri bukanlah merupakan kelemahan, melainkan kejujuran atas hal-hal yang mampu kita kerjakan dan tidak mampu kita kerjakan, sehingga kita mampu mengoptimalkan setiap kemampuan kita sampai pada titik maksimal.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Andrew Hidayat Lakukan Jika Jadi Pemimpin

2. Katakan tidak

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas California di San Fransisco menunjukan semakin sulit kita mengatakan “tidak”, semakin mudah kita mengalami stress, kelelahan dan bahkan depresi, semua hal yang dapat mengikis rasa percaya dirimu. Orang dengan rasa percaya diri menyadari bahwa mengatakan “tidak” itu sehat, mereka memiliki penghargaan atas diri sendiri untuk mengatakan “tidak” dengan jelas. Ketika waktunya mengatakan “tidak”, orang yang percaya diri menghindari kalimat seperti “saya pikir tidak bisa” atau “saya tidak yakin”. Mereka mengatakan “tidak” dengan percaya diri karena mereka sadar bahwa tidak menerima komitmen baru adalah salah satu cara menghargai komitmen lama dan memberikan peluang untuk menyelesaikan apa yang telah mereka mulai.

Baca juga: 5 Cara Andrew Hidayat Mengatasi Ketakutan Berbicara di Depan Umum

3. Berhubungan baik dengan Bos mu

Permasalah hubungan dengan bosmu dapat menghancurkan percaya diri orang yang berbakat sekalipun. Sangat sulit menjadi percaya diri ketika bosmu selalu mengkritik atau mempertanyakan kontribusimu. Coba untuk mengindentifikasi masalah yang membuat hubungan menjadi bermasalah dan berusahalah memperbaikinya. Jika memang sudah tidak dapat diperbaiki, mungkin ini waktu nya untuk bergerak ketempat lain.

Baca juga: 4 Kemampuan Penting Andrew Hidayat dalam Dunia yang Berubah

4. Dapatkan kemenangan kecil

Orang-orang yang percaya diri biasa nya suka menantang diri mereka sendiri dan berkompetisi, sekalipun usaha mereka hanya menghasilkan kemenangan kecil. Kemenangan kecil memicu reseptor androgen di bagian otak yang bertanggung jawab atas penghargaan dan motivasi. Peningkatan pada reseptor androgen memicu pengaruh pada hormon testosteron, dimana hal tersebut meningkatkan rasa percaya diri dan keinginan untuk menaklukan tantangan lagi. Ketika kamu memiliki beberapa kemenangan kecil, hal ini akan memicu rasa percaya dirimu untuk beberapa bulan.

Baca juga: 3 Mindset Seorang Pengusaha yang Wajib Dimiliki Seorang Andrew Hidayat

5. Temukan mentor

Bakat saja tidak dapat membangun rasa percaya diri, orang yang berpengalaman dapat menunjukan jalan terbaik untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Mentor yang baik dapat bersikap seperti cermin, memberikan perspektif yang kamu butuhkan untuk percaya diri. Pengetahuan memberikan percaya diri, menyadari area yang sesuai dengan bidang kita akan menolong kita untuk fokus akan energi kita secara efektif. Selain itu seorang mentor dapat menolong dan mendidik kita cara bekerja yang tidak pernah diteorikan atau diajarkan disekolah untuk mencapai tujuan dan hasil yang kita inginkan dan hal ini akan memberikan rasa percaya diri yang besar.

Baca juga: 3 Blunder Bisnis Kecil Andrew Hidayat yang HARUS dihindari

6. Jadwalkan olahraga

Pembelajaran di Eastern Ontario Research Institute menemukan bahwa orang-orang yang berolahraga dua kali dalam seminggu selama sepuluh minggu berturut-turut merasa lebih kompeten dalam bersosialisasi, pendidikan dan secara fisik. Mereka juga menilai tubuh dan penghargaan akan diri sendiri lebih tinggi. Dan yang terbaik dari semuanya, daripada cuma sekedar perubahan secara fisik yang memicu rasa percaya diri, hal ini juga memicu hormon endorphin yang bertanggung jawab atas perasaan positif dan tenang. Buat jadwal olahraga dan lakukan, hal ini akan memicu rasa percaya dirimu.

Baca juga: 11 Tips Pintar Mengelola Keuangan Anda Untuk Masa Depan

7. Berpakaian layaknya orang sukses

Suka atau tidak, cara kita berpakaian memiliki impact yang besar bagaimana cara orang melihat kita. Hal-hal seperti pilihan warna, potongan dan gaya dari pakaian yang kita pakai dan bahkan aksesoris berbicara tentang kita secara lantang. Penelitian menunjukan orang berbicara berbeda ketika mereka menggunakan pakaian formal ketimbang pakaian santai. Untuk meningkatkan rasa percaya dirimu, berpakaian lah dengan baik pilihlah pakaian yang menunjukan siapa dirimu dan gambaran diri yang ingin kamu tampilkan, sekalipun itu membutuhkan waktu lebih lama di mall dan lebih lama dipagi hari.

Baca juga: 10 Alasan Kenapa Anda Susah Untuk Sukses Menggapai Impian

8. Bersikap tegas bukan agresif

Agresif bukan percaya diri, itu menindas. Dan ketika kamu merasa tidak aman, sangat mudah menjadi agresif tanpa sadar. Berlatihlah menjadi tegas tanpa menjadi agresif (dan menjatuhkan orang lain pada prosesnya). Kamu tidak akan mencapai ketegasan sebelum kamu belajar bagaimana mengendalikan rasa tidak amanmu, dan ini akan meningkatkan kepercayaan dirimu.
Lakukan semua hal-hal ini dan berlatih serta bekerja keras untuk meningkatkan kepercayaan dirimu.

Baca juga: 8 Hal yang Dilakukan Orang Sukses di Pagi Hari

Nah itulah beberapa cara yang dilakukan Andrew Hidayat meningkatkan rasa percaya diri. Percaya diri itu penting untuk meningkatkan jati diri anda sebagai mahluk sosial. Dengan percayar diri anda dapat menjalani hidup anda sesuai dengan jiwa anda apa adanya.

Baca juga: Ini Cara Andrew Hidayat Merawat Kesehatan Mata

Salam

Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat
Twitter Andrew Hidayat

author